Kamis, 04 Juni 2009

ASAM, BASA,DAN GARAM

A. Identifikasi senyawa Asam , Basa, dan Garam
Apa yang kamu ketahui tentang hydrogen klorida( HCl), natrium hidroksida (NaOH), dan natrium klorida (NaCl) ?
Hidrogen klorida adalah senyawa asam yang lebih dikenal dengan nama asam
klorida
Natrium hidroksida adalah senyawa basa, juga dikenal sebagai soda api.
Natrium klorida merupakan senyawa garam yang lebih dikenal sebagai garam dapur. Senyawa asam, basa, dan garam banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.Di toko obat kamu dapat membeli obat yang berfungsi untuk mengontrol tingkat keasaman perutmu, yaitu puyer atau tablet antasid.Kamu juga dapat membeli bahan di toko pupuk yang berfungsi menurunkan tingkat keasaman tanah pertanian.Pada pelajaran ini kamu akan mempelajari tentang obat atau bahan-bahan tersebut bekerja sehingga dapat berfungsi sesuai dengan yang kita inginkan. Bagaimanakah cara membedakan senyawa asam, basa, dan garam?
Untuk membedakan ketiga sifat senyawa tersebut dapat digunakan indicator.Indikator asam basa merupakan senyawa kimia yang berubah warna saat ditetesi zat yang bersifat asam atau basa.Indikator asam basa dapat berupa kertas lakmus merah dan biru, indicator alami, atau pH meter.
1. Indikator Alami
Indikator adalah suatu senyawa kompleks yang dapat bereaksi dengan asam dan basa.
Untuk menentukan sifat asam atau basa, kamu dapat menggunakan indicator bahan alam yang berwarna, seperti kulit manggis, kunyit, dan bunga kembang sepatu.Caranya, bahan-bahan tersebut dihaluskan dan diberi air sehingga diperoleh ekstrak bahan alam sebagai indicator alami.

Ekstrak kunyit yang dilarutkan dalam air pada keadaan netral akan berwarna kuning.Jika ditetesi larutan asam, warna kuning tersebut akan berubah menjadi kuning cerah, sedangkan jika ditetesi larutan basa, warna kuning akan berubah menjadi jingga kecoklatan.
Ekstrak kulit manggis pada keadaan netral berwarna ungu.Jika ditetesi larutan asam, warna ungu berubah menjadi coklat kemerahan dan jika ditetesi larutan basa akan berubah menjadi biru kehitaman.
Bunga kembang sepatu yang digerus dengan sedikit air pada keadaan netral akan berwarna merah (coklat sedikit ungu jika sudah kering), jika ditetesi larutan asam akan berwarna merah cerah, dan menjadi hijau jika ditetesi larutan basa.
Ekstrak kubis ungu juga dapat digunakan untuk menentukan sifat suatu larutan.Kubis ungu akan memperlihatkan perubahan warna sesuai kekuatan sifat asam maupun sifat basa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar